Selasa, Oktober 13, 2009

Mendidik diri

Kelihatanya mendidik diri sendiri sederhana dan mudah, tapi pada kenyataanya mendidik diri sendiri tidaklah kalah sulitnya dengan mendidik seorang murid.
Manusia dalam dirinya terdapat 2 aspek yang selalu ada sepanjang hayatnya yaitu kecenderungan pada kebaikan dan kecenderungan pada keburukan.
Ironisnya meski ada kata baik dalam kecenderungan manusia namun, secara umum manusia akan tertarik ke arah keburukan, hal ini terjadi karena adanya keburukan yang sebarkan oleh syaitan dan teman-temannya dengan iming-iming kenikmatan duniawi.

Kebaikan yang ada dalam hati manusia terkadang tidak cukup kuat untuk mendominasi hati manusia kearah kebaikan. Oleh karenanya manusia butuh lingkungan, teman dan pra-kondisi yang mengarah kepada kebaikan.

Oleh karenanya tak salah jika Nabi mengatakan, Agama seseorang akan mengikuti agama temannya.
Didalam ayat qur'an diperintahkan manusia yang baik untuk bersama-sama membuat komunitas yang saling menganjurkan kebaikan dan kesabaran dalam menjalankan kebaikan itu. (QS Al Hasr)

Dalam kesendirianpun manusia butuh dzikir untuk senantiasa mengusir keburukan dan mengingat kebaikan.

Oleh karenanya upaya mengarah kepada kebaikan adalah perjuangan seumur hidup karena di setiap celah waktu keburukan senantiasa mengintai dan menyeru manusia.

wallahu'alamu bishowab.
BI Sunter Jakut 131009 . 19.25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar